Banjir 4 Meter di Rawajati Pancoran Jakarta Selatan Januari 2014

BanjirJakarta.com - Banjir Rawajati Pancoran Jakarta Selatan Januari 2014. Ribuan kepala keluarga (KK) di Kelurahan Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan harus mengungsi ke dataran yang lebih tinggi lantaran rumah mereka terendam air setinggi kurang lebih 4 meter. Sebanyak 14 RT dan 4 RW di Kelurahan Rawajati terendam air kiriman Bogor sejak hujan yang terus turun.

Ketua Rukun Warga (RW) 07, Budi Partono menuturkan sejak air mulai naik pada Minggu (12/1) lalu, listrik sudah mulai dipadamkan.

"Listrik sudah padam sejak hari Minggu kemarin sampai sekarang," ujar Budi kepada merdeka.com, Sabtu (18/1).

Budi menuturkan, air sempat surut pada Rabu, 15 Januari 2014 kemarin, namun lantaran guyuran hujan yang terus menerus menyebabkan air kembali naik pada Kamis, 16 Januari 2014 pukul 18.00 WIB.

"Pas air naik lagi, warga langsung ngungsi," tuturnya.

Saat ini, tinggal 3 Kepala Keluarga (KK) yang masih bertahan di rumahnya. "Itu masih ada 3 KK yang masih di dalam rumah. Enggak mau dievakuasi. Tapi tetap kita lakukan terus imbauan agar bisa dievakuasi," jelasnya.

Budi mengeluhkan minimnya air bersih yang tersedia di lokasi tersebut. "Kasian warga kurang air bersih. Susah mandi, masak air sama buang air," jelasnya.

Kapolsek Pancoran Kompol I Nengah Adiputra menambahkan, telah disediakan 3 perahu karet yang dapat digunakan warga sebagai alat transportasi.

"Di sini disediakan 3 perahu karet dari Brimob, Tim SAR dan LSM untuk digunakan evakuasi warga," jelasnya.

Nengah melanjutkan, saat ini warga sudah mengungsi ke sejumlah lokasi. "Lokasi pengungsian di Gedung SKKT Karang Taruna, Rawajati, ada juga di Lapangan Voli, dan Fly Over Kalibata, Ciliwung juga Diklat BPK," terang Nengah.

Dapur umum juga sudah tampak berdiri tegap di satu akses keluar masuknya warga Rawajati. Terkait pengamanan, Nengah mengatakan pihaknya terus melakukan patroli, terutama di malam hari agar tetap menjaga keamanan harta benda warga yang ditinggal pemiliknya.