Banjir di Pengadegan Pancoran Jakarta Selatan

BanjirJakarta.com - Banjir di Pengadegan Pancoran Jakarta Selatan, Januari 2014. Curah hujan yang tinggi mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah termasuk Pengadegan Timur, Pancoran, Jakarta Selatan. Letak lokasi menurun mengakibatkan sebagian rumah terendam hingga hanya terlihat atapnya saja.

Banjir langganan yang terjadi di kawasan tersebut merendam 3 RT, yakni RT 5, RT 6 dan Rt 7 juga RW 1. Padahal, baru saja warga membersihkan sisa-sisa lumpur akibat banjir yang melanda pada Kamis, (16/1) kemarin.

"Padahal baru saja Kamis kemarin warga bersih-bersih lumpur yang masuk ke rumah. Sekarang sudah banjir lagi," ujar salah satu warga, Thamrin kepada merdeka.com, Sabtu (18/1).

Thamrin melanjutkan, air mulai naik merendam rumah warga pada pukul 01.00 WIB. "Ini kan jalanannya turunan, jadi makin ke sana makin dalem banjirnya. Ada yang cuma tinggal atapnya doang yang kelihatan. Air juga bukannya surut tapi makin naik," tambah Thamrin sambil menunjuk ruas jalan yang menurun.

Alhasil, ribuan warga pun mengungsi ke posko dibangun di Kecamatan Pancoran, Kampus STBA LIA dan GOR Pengadegan.

Namun, tak sedikit warga yang bertahan di rumah mereka lantaran khawatir terjadinya tindak pencurian manakala rumah ditinggalkan dalam keadaan kosong tak berpenghuni.

"Tapi kasian juga itu warga yang masih di dalam. Soalnya bantuan enggak sampe masuk ke sana," keluh Thamrin.

Sementara itu salah satu dokter di Puskesmas setempat, Lina Gunawan menambahkan sejumlah warga yang mengungsi sudah mulai terjangkit penyakit.

"Rata-rata gatal-gatal. Tadi ada anak kecil yang buang-buang air," pungkasnya.