Puncak Musim Hujan di Jakarta Tahun 2014

BanjirJakarta.com - Puncak Musim Hujan di Jakarta Tahun 2014. Hujan lebat diprediksi masih akan mengguyur Kota Jakarta hingga awal Februari 2014 mendatang. Warga pun diharapkan dapat mempersiapkan diri menghadapi kondisi cuaca tersebut.

"Intensitas hujan tertinggi akan terjadi antara minggu terakhir Januari dan awal Februari," kata Kepala Pusat Metereologi Publik BMKG Mulyana R Prabowo di Jakarta, Sabtu (18/1/2014).

Tingginya curah hujan diperkirakan masih akan membuat sejumlah lokasi di Jakarta terendam banjir.

Akan tetapi, dalam kondisi seperti saat ini BMKG memberikan peringatan dini kepada warga khususnya yang tinggal di kawasan Jakarta Utara.

Seperti diketahui, wilayah Jakarta Utara kerap menjadi wilayah langganan banjir. Bukan hanya karena intensitas curah hujan yang tinggi, tetapi juga akibat naiknya pasang air laut.

Mulyana mengatakan, pada 13-16 Januari 2014 lalu, pasang air laut kembali terjadi di wilayah Jakarta Utara. Namun untuk saat ini, kondisi permukaan air laut diprediksi menurun.

Sementara itu, ia menambahkan, jika pasang air laut diperkirakan akan terjadi kembali terjadi pada 20-21 Januari 2014 mendatang. Akan tetapi pasang yang terjadi masih dalam kondisi terendahnya.

"Nanti diperkirakan akan naik lagi sekitar 27-28 Januari 2014," katanya.

Kepala BNPB Syamsul Ma'arif mengatakan, akibat hujan yang terjadi sepekan terakhir di Jakarta, setidaknya tercatat 10.530 warga DKI mengungsi. Para pengungsi tersebut tersebar di 97 titik pengungsian yang tersebar di seluruh wilayah Jakarta.