Wilayah Banjir Terparah di Jakarta 2014

BanjirJakarta.com - Wilayah Banjir Terparah di Jakarta 2014. Intensitas hujan yang tinggi serta belum selesainya program normalisasi di bantaran Sungai Ciliwung membuat Jakarta dikepung banjir. Bahkan, ada wilayah-wilayah yang selalu menjadi langganan banjir setiap tahunnya.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengatakan ada tiga wilayah yang selalu menjadi langganan banjir setiap tahunnya. Bahkan, banjir di tiga wilayah tersebut merupakan wilayah yang paling parah terkena banjir.

"Ada tiga yang paling parah yaitu Kampung Pulo Jakarta Timur, Kalibata Jakarta Selatan dan Pasar Rebo Jakarta Timur," ujar Jokowi saat memantau banjir di Condet, Jakarta Timur, Sabtu (18/01).

Jokowi beralasan ketiga wilayah tersebut dilingkari aliran Sungai Ciliwung, sehingga selalu menjadi langganan banjir. Jokowi berencana akan menormalisasi wilayah tersebut untuk memotong aliran Sungai Ciliwung.

"Ini termasuk dalam normalisasi. Kalau seperti ini beberapa puluh pompa pun tidak bisa juga," kata dia

Mantan wali kota Solo ini mengibaratkan kondisi saat ini seperti rumah warga yang menjadi air, bukannya air yang mencari rumah warga jika banjir menerjang. Menurut dia, bantaran kali itu harus dibuat terase sungai sehingga tidak membanjiri warga yang berada di aliran sungai tersebut.

"Kalau seperti ini mah namanya bukannya air yang mencari rumah tapi rumah yang mencari air. Harusnya tuh pinggir kali itu disampingnya terase sungai," pungkas dia.